analitics

Antenna Phased Array BAB II C-1

C. Antenna Phased Array
1. Basic konsep phased array
Pada dasarnya, antenna phased array terdiri atas group-group atau individu atenna yang disebut dengan radiator, radiator/element yang disusun pada suatu konfigurasi linear atau ruang dua dimensi sehingga Amplitudo dan phase dari setiap element dapat dikendalikan untuk membentuk radiasi beam pada bentuk yang diinginkan (dari beam berbentuk pensil yang terarah menjadi beam berbentuk kipas) di ruang udara. Posisi beam di dalam ruang dikendalikan secara elektronis dengan menyesuaikan phase dari sinyal yang diinginkan pada elemen individu. Karenanya, telusuran/scanning beam tercapai dengan antena aperture yang selalu diperbaiki di dalam ruang udara tanpa keterlibatan pergerakan mekanis pada saat proses scanning. Dengan kata lain,hal ini disebut scanning tanpa kelesuan.
Antena-antena phased array terdiri atas elemen antena keperluan ganda, yang diarahkan dengan jelas dan menggunakan phase variabel atau waktu tunda pada masing-masing element untuk meneliti suatu beam pada sudut-penjuru yang diberikan di dalam ruang udara. Kendali variabel amplitudo kadang-kadang juga disediakan untuk pengetaman pola.
Antena array kadang-kadang digunakan sebagai pengganti antena-antena aperture (reflektor-reflektor, lensa-lensa), karena dengan beragam element, membuat kendali pola radiasi yang lebih tepat, hal ini menghasilkan sidelobes lebih rendah atau pengetaman pola yang lebih hati-hati.Bagaimanapun, alasan utama menggunakan antenna array adalah untuk menghasilkan beam terarah yang dapat diposisikan kembali (scanning) secara elektronis.


Gambar 3. PAVE PAWS phased array radar in Alaska

Penulis :
1. Rufus Yakim Simamora
2. Frederico Willy Widyatama
3. Rois Wahyono

baca bab sebelumnya

No comments: