analitics

DATA MANIPULATION LANGUAGE (DML) BAGIAN II

DATA MANIPULATION LANGUAGE (DML)BAGIAN II

Beberapa tabel pada MySQL dapat digabungkan menjadi satu dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat dipahami oleh pengguna sistem. Penggabungan beberapa tabel menggunakan syntax JOIN yang terdiri dari :
1. INNER JOIN atau CROSS JOIN
2. STRAIGHT JOIN
3. LEFT JOIN atau LEFT OUTER JOIN
4. NATURAL JOIN
5. RIGHT JOIN atau RIGHT OUTER JOIN
Syntax INNER JOIN atau CROSS JOIN atau JOIN digunakan untuk mendapatkan informasi dari 2 tabel atau lebih dengan syarat data dari tabel1 ada pada tabel yang lain. Misalkan jika tabel anggota_nafiri digabung dengan tabel transaksi_nafiri maka data yang tampil adalah seluruh anggota nafiri yang ada pada tabel transaksi_nafiri atau dapat dikatakan yang tampil adalah anggota_nafiri yang pernah melakukan transaksi.
Syntax LEFT JOIN hampir sama dengan INNER JOIN tetapi data yang tampil diutamakan tabel sebelah kiri, misalnya tabel anggota_nafiri LEFT JOIN transaksi_nafiri maka data yang tampil adalah seluruh anggota_nafiri baik yang pernah melakukan transaksi maupun yang tidak melakukan transaksi. RIGHT JOIN kebalikan dengan LEFT JOIN, NATURAL JOIN sama dengan INNER JOIN sedangkan STRAIGHT JOIN sama dengan JOIN kecuali bahwa tabel sebelah kiri selalu dibaca lebih dulu daripada tabel sebelah kanan.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN
1. 1 PC
2. Referensi MySQL
IV. LANGKAH KERJA
1. Buka file sql-syntax.html pada referensi MySQL
2. Masuk ke database nafiri_kelasanda menggunakan USE namadatabase
3. Menampilkan data nama anggota_nafiri beserta tanggal pinjam dan tanggal kembali menggunakan syntax JOIN.
4. Menampilkan data nama anggota_nafiri beserta tanggal pinjam dan tanggal kembali menggunakan syntax LEFT JOIN.

No comments: