analitics

PENGATURAN USER

PENGATURAN USER

Pengguna MySQL harus memiliki account terlebih dahulu sebelum menggunakan. Account MySQL terdiri dari username dan password, username default pada MySQL adalah root dengan tanpa password sehingga jika menginginkan database aman password harus diisi dan username tidak menggunakan root. Seluruh data user MySQL disimpan pada database dengan nama mysql dan pada tabel user.
Beberapa perintah untuk pengaturan user antara lain :
1. CREATE USER
2. DROP USER
3. GRANT
4. RENAME USER
5. REVOKE
6. SET PASSWORD
CREATE USER digunakan untuk membuat user baru, DROP USER digunakan untuk menghapus user yang sudah ada, GRANT digunakan untuk memberi hak akses user, RENAME USER digunakan untuk mengubah nama user, REVOKE digunakan untuk membatalkan hak akses dan SET PASSWORD digunakan untuk memberikan password pada user. Hak akses user dapat dilihat pada database mysql tabel user sehingga dengan pembatasan hak akses administrator database MySQL dapat membatasi masing – masing user hanya bisa melakukan perintah SELECT, hanya bisa melakukan perintah INSERT dan UPDATE dsb.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN
1. 2 PC
2. Referensi MySQL

LANGKAH KERJA

1. Buka file sql-syntax.html pada referensi MySQL
2. Masuk ke database mysql tabel user
3. Tampilkan deskripsi tabel user
4. Tampilkan seluruh data pada tabel user.
5. Buat user baru dengan nama telkom, nama host : localhost, password : enter dengan perintah : CREATE USER 'telkom'@'localhost' IDENTIFIED BY 'enter';
6. Keluar dari MySQL Prompt dan masuk lagi menggunakan user ”telkom”
7. Keluar dari MySQL Prompt dan masuk lagi menggunakan user “root”
8. Memberikan semua hak akses terhadap user “telkom” dengan perintah : GRANT ALL ON *.* TO telkom@localhost;
9. Setiap pemberian hak akses kemudian diikuti perintah FLUSH PRIVILEGES; untuk menyimpan perubahan hak akses sehingga untuk mengetahui perubahan yang terjadi cek tabel user pada database mysql.
10. Hapus hak akses user menggunakan perintah :
11. Hapus user telkom dengan perintah : DROP USER 'telkom'@'localhost';

No comments: